Monday 22 August 2022

Rencana investasi Sequoia...

Halo Vulca,
 

Sequoia jelang akhir Mei lalu memperingatkan para pendiri startup untuk bersiap. Investor Goto dan Traveloka tersebut memprediksi kondisi sulit saat ini, termasuk funding winter, belum akan berakhir dalam waktu dekat. Pendiri startup diimbau "mengencangkan ikat pinggang."

Meski begitu, titik cerah untuk meraup pendanaan tak sepenuhnya sirna. Sequoia Southeast Asia (SEA) pada Juni 2022 mengumumkan dana kelolaan baru sekitar Rp12 triliun, yang pertama kalinya dikhususkan bagi kawasan Asia Tenggara atau ASEAN. Kira-kira, bagaimana rencana Sequoia terkait dana tersebut?


EXCLUSIVE CONTENT

Rencana Sequoia Gunakan Dana Investasi Rp12,7 Triliun di Masa Krisis

Sequoia baru saja menggalang dana sebesar US$850 juta (sekitar Rp12,74 triliun) untuk Asia Tenggara. Berikut rencana perusahaan terhadap dana tersebut
[Update] Daftar Startup yang Sedang Menggalang Dana (Fundraising) di Indonesia

Tech in Asia merangkum sederet startup di Asia Tenggara yang menerima pendanaan terbesar dengan menggunakan data yang tersedia secara publik.
GudangAda Klaim Hampir Profitabel, Pamerkan Kinerja Fantastis

Tak hanya mampu menggalang dana hingga Rp1,4 triliun, GudangAda juga mengklaim jadi e-commerce B2B paling produktif se-Asia Tenggara.
E-commerce Super-Vertical Terus Tumbuh dengan Fokus ke Ceruk Tertentu

Daripada bersaing dengan marketplace besar yang melayani beragam jenis konsumen, pelaku e-commerce ini fokus ke konsumen yang punya kebutuhan spesifik.

QUICK BYTES

  • Induk perusahaan fintech Kredivo, FinAccel, dikabarkan sedang berupaya mencari tambahan modal segar sebesar US$100 juta (sekitar Rp1,4 triliun). Narasumber Bloomberg menyebut valuasi FinAccel akan turun 25 persen, dari US$2 miliar (sekitar Rp29,7 triliun) menjadi US$1,5 miliar atau setara Rp22,3 triliun.
     
  • Perusahaan fintech Grup Modalku (Funding Societies) meneken perjanjian fasilitas kredit US$50 juta (sekitar Rp743 miliar) dari HSBC Singapura. Dana ini akan disalurkan ke UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Grup Modalku mengeklaim telah menyalurkan kredit senilai Rp38,6 triliun sejak 2015.
     
  • Sequoia Capital India dan Southeast Asia mengumumkan 15 startup peserta program akselerator Surge cohort ketujuh (Surge 07). 2 di antaranya merupakan perusahaan rintisan yang berbasis di Indonesia, yakni Semaai dan Whiz. Masing-masing startup akan mengantongi sekitar Rp44,6 M setelah menyelesaikan program. BoboboxQoalaHangry, hingga Rukita merupakan alumni Surge.
     
  • Telkom meresmikan Micro Edge Data Center NeuCentrIX Sepaku di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kehadiran pusat data ini untuk pengembangan ekosistem digital nasional. Telkom menerapkan pemanfaatan NeuCentrIX ini dalam Smart Village Nusantara melalui sistem pelayanan desa, hingga digital community center desa.
     
  • KB Bukopin berencana meningkatkan kapasitas data center dan disaster recovery center (DRC), sebagai salah satu upaya dalam pengembangan bank digital. Rencana tersebut menjadi bagian dari proyek Next Generation Banking System yang dikerjakan bersama perusahaan asal Korea Selatan KB Kookmin Bank, pemegang saham mayoritas KB Bukopin.
     
  • Kominfo sedang melakukan pendalaman terhadap dugaan kebocoran data pelanggan PLN dan layanan internet besutan Telkom, IndiHome. Dari investigasi awal, Telkom menyatakan data yang tersebar di situs gelap tersebut tak validPLN memastikan itu bukan data riil transaksi aktual pelanggan.
Baca juga kabar tentang startup Indonesia lainnya mulai dari funding, pivot sampai dengan exit di sini
 

IN PARTNERSHIP WITH

Tingkatkan customer experience yang seamless, relevan dan personal dengan conversational AI

Bagi setiap brand, membantu pelanggan dalam melakukan pembelian/layanan untuk memenuhi kebutuhan mereka adalah prioritas utama. 73% pemimpin bisnis setuju bahwa memiliki customer experience yang relevan adalah bagian penting dari kinerja perusahaan mereka. 

Pelanggan menginginkan pengalaman komunikasi dan/atau penggunaan produk yang nyaman. 74% pelanggan setidaknya cenderung membeli berdasarkan experience saja. Oleh karena itu, konsep customer experience (CX) tanpa hambatan dan relevan dinilai sangat penting.

Ini salah satu alasan mengapa semakin banyak perusahaan mengadopsi artificial intelligence (AI) untuk menyediakan CX yang seamless, relevan dan personal pada setiap titik di sepanjang perjalanan pelanggan.

Apakah bisnismu sudah memanfaatkan AI, atau baru merencanakannya? 

Sore hari ini, kami mengundang praktisi industri dari Telin & Yellow.ai. Mereka akan berbagi insight dan best practice dalam memaksimalkan CX dengan AI untuk meningkatkan bisnis .i: 

  • Ardian Thresnantia Atmaja – Head of Digital Platform Enabler, Telin
  • Haren Chelle – VP of Business Strategy & Revenue (Asia Pacific & Japan), Yellow.ai

Acara ini diselenggarakan secara gratis. Kamu bisa mengunjungi tautan ini untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


WEEKLY POLL

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya memberlakukan regulasi baru untuk penyedia jasa pinjaman online (pinjol).

Aturan baru yang bernama POJK 10 antara lain mewajibkan startupfintech baru yang menawarkan pinjaman online untuk setidaknya memiliki modal disetor Rp25 miliar, serta berbagai aturan lainnya.

Kami penasaran, apa pendapatmu soal regulasi baru dari OJK ini. Apakah kamu setuju dengan adanya aturan baru tersebut?

Setuju
Tidak setuju
Tidak ada komentar
Nantikan hasil polling ini hari Senin di Weekly Roundup pekan depan!

UPCOMING EVENT

Executive Brief dibuat dengan cinta (dan sedikit kafein) oleh tim Tech in Asia Indonesia

Jangan sampai ketinggalan berita harian seputar industri startup Indonesia. Simpan email halo@techinasia.com ke kontakmu, atau pindahkan email ini ke primary inbox.

Tidak ingin menerima newsletter kami? Kamu bisa memiliih untuk berhenti menerima email dari kami (tentunya kami bakal sedih!)






This email was sent to kakasantosa.vulcanic@blogger.com
why did I get this?    unsubscribe from this list    update subscription preferences
Tech in Asia Indonesia · Gedung The East Lantai 2, Jalan Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav. E.3.2, No. 1 · Kuningan Timur, Jakarta Selatan · DKI Jakarta 12950 · Indonesia

No comments:

Post a Comment

Attn: Respond

-- INTERNATIONAL MONETARY FUND (IMF) International Settlement Unit, 1900 Pennsylvania Avenue NW, Washington, DC 20431, United States ...