Halo Vulca, Ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang sulit dicari padanannya dalam bahasa lain. Biasanya terkait kultur yang khas. Contohnya, kata "titip", "gotong royong", "patungan", dan "arisan" yang khas karena menggambarkan budaya komunal di Tanah Air. Dengan adanya empat kata di atas, seharusnya orang Indonesia bisa dengan cepat memahami dan mengadopsi group community buying. Namun, nyatanya model ecommerce tersebut belum populer di Indonesia. Paling tidak, belum bisa menciptakan raksasa seperti Pinduoduo di Cina. Di Cina, kesuksesan Pinduoduo mendorong raksasa teknologi lain menyediakan layanan serupa. Jika hal sama terjadi di Indonesia, apakah pemain besar seperti Tokopedia dan Bukalapak bisa membuat group community buying diadopsi lebih cepat? Tech in Asia Indonesia ingin mengetahui insight dan opini kamu. bisa melalui komentar di artikel atau lewat email ke ed@techinasia.com. |
No comments:
Post a Comment